Memudahkan mahasiswa mendapatkan layanan kemahasiswaan.
MalangSatu – Berawal dari ide salah satu tenaga pendidikan bagian kemahasiswaan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB) yakni Hermawan Dwi Putra, S.H., M.H dan hasil bimbingan Koordinator Tata Usaha Filkom UB Dyah Anggraeni, S.E, Filkom UB akhirnya meluncurkan layanan online bagi mahasiswa.
Layanan online kemahasiswaan yang diberi nama Portal Informasi Layanan Kemahasiswaan (PORSKI) ini merupakan Portal Informasi Layanan Kemahasiswaan (PORSKI), sebuah laman berbasis web yang diintegrasikan dengan fitur google form yang dirasakan sangat membantu dalam bidang layanan kemahasiswaan.
Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang mengurangi intensitas pertemuan secara fisik, PORSKI dirasakan memudahkan mahasiswa dalam pengurusan berkas administrasi yang berkaitan dengan kemahasiswaan secara online.
Ide awal menciptakan PORSKI ini berasal dari kurangnya pengumuman secara informatif kepada mahasiwa tentang pendaftaran dan proses serta info antrian wisuda di lingkup fakultas, sehingga mahasiswa tidak dapat memantau pengajuan wisudanya,” ungkap Hermawan Dwi Putra, S.H., M.H.

Menurut Hermawan, proses pendaftaran wisuda juga dinilai kurang efisien karena menyebabkan antrian panjang di Lorong gedung F FILKOM setiap ada pembukaan wisuda.
“Dampaknya proses administrasi di bagian kemahasiswaan tidak dapat berjalan secara maksimal karena mengalami penundaan pada tugas yang lainnya. Belum lagi kondisi pandemi covid-19 yang membuat mahasiswa tidak dapat ke kampus dan harus mengurus segala sesuatunya secara online,” ungkap Hermawan.
Meskipun saat ini masih berupa portal, Hermawan berharap PORSKI dapat berkembang melalui aplikasi mobile yang tersedia di Play Store atau App Store sehingga dapat menjangkau mahasiswa lebih luas ke depannya.
Dengan adanya PORSKI tersebut maka diharapkan Bagian Kemahasiswaan dapat menciptakan sistem untuk merekap data pengajuan dari mahasiswa sesuai standar yang ditetapkan oleh fakultas.
“Data tersebut tersimpan dengan rapi pada google drive Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA), Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (Sakip) dan Indeks Kinerja Utama (IKU) serta akreditasi juga ada,” ungkap Hermawan.
Hermawan menambahkan dari sisi pegawai kemahasiswaan akan mempermudah dalam membuat laporan capaian kinerja pegawai serta menciptakan efisiensi waktu dalam proses pengajuan hingga selesai.
“Sementara dari sisi mahasiswa maka terciptanya proses manajemen pengajuan berkas kemahasiswaan contohnya dalam mendaftar dan mengetahui antrian wisuda sehingga mahasiswa dapat setiap waktu mengetahui dan memonitor perkembangan status antrian wisudanya,” ujar Hermawan.
Dengan menggunakan layanan PORSKI, mahasiswa mendapatkan kepastian atau informasi yang valid mengenai info wisuda melalui website resmi fakultas. (Red)
Artikel ini telah dimuat di AdaDiMalang