Kamis, Juni 12, 2025
No Result
View All Result
  • Login
INDIKRAF
Advertisement
  • Publik
  • Institusi
  • Ekbis
  • Pendidikan
  • Kesehatan
  • Politik
  • Nasional
  • Dunia
INDIKRAF
  • Publik
  • Institusi
  • Ekbis
  • Pendidikan
  • Kesehatan
  • Politik
  • Nasional
  • Dunia
No Result
View All Result
indikraf
No Result
View All Result
Home Terbaru Dunia

Luncurkan Buku Internasional, Hermawan Kartajaya Pamerkan Simbol Punokawan dan Pandawa Di Swiss

Redaksi Indikraf by Redaksi Indikraf
2 tahun ago
in Dunia, Ekbis, Publik, Terbaru
Luncurkan Buku Internasional, Hermawan Kartajaya Pamerkan Simbol Punokawan dan Pandawa Di Swiss
0
SHARES
16
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Indikraf Jenewa – Kemampuan mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan sasaran pasar dinilai menjadi kunci sukses dalam bisnis.

Berlandaskan pada hal tersebut, konsep pemasaran berbasis wirausaha generasi baru saat ini memberikan pendekatan yang lebih holistik yang berciri khas kelincahan, fleksibilitas dan kreativitas serta pengonvergensian berbagai dikotomi dalam organisasi.

Dengan berbagai ciri khas yang dimilikinya tersebut, konsep pemasaran tersebut diharapkan dapat membawa organisasi melewati the next curve menuju tahun 2025 hingga tahun 2030 dan bahkan sesudahnya.

Pendekatan pemasaran yang menggabungkan dikotomi profesional dan entrepreneurial inilah yang dikemukakan oleh pakar pemasaran Indonesia, Hermawan Kartajaya, dalam karya tulisnya yang ke-11 bersama The Father of Marketing yakni Philip Kotler dengan menerbitkan buku bertajuk ‘Entrepreneurial Marketing: Beyond Professionalism to Creativity, Leadership, and Sustainability’.

Tidak main-main, peluncuran buku baru Entrepreneurial Marketing tersebut, Hermawan Kartajaya menggelar Official International Launch di World Intellectual Property Organization (WIPO), Jenewa, Swiss hari Senin kemarin (20/03/2023).

Kegiatan tersebut menjadi momen besar bagi dunia pemasaran dengan buku yang akan mendobrak stagnasi pendekatan pemasaran konvensional yang kerap tidak mumpuni lagi dalam era konektivitas digital dengan perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat.

“Saya memperkenalkan buku ini dalam Official International Launch untuk membawa dobrakan baru dalam menanggapi pendekatan pemasaran yang konvensional. Hal ini merupakan tindakan dalam menghadapi fenomena vulnerability, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA) yang terjadi hingga saat ini dengan memberikan solusi terhadap pelanggan dan memberikan manfaat positif ekonomi terhadap suatu perusahaan dan masyarakat,” ungkap Founder&Chairman MarkPlus Corp, Hermawan Kartajaya.

Bersama co-authors lainnya, yaitu Hooi Den Huan yang merupakan Associate Professor of Marketing di Nanyang Business School dan Jacky Mussry selaku Deputy Chairman dan CEO MarkPlus, Inc., buku Entrepreneurial Marketing yang diluncurkan tersebut akan membuka kesempatan baru dalam dunia bisnis untuk mengadopsi pendekatan entrepreneurial marketing yang lebih kuat.

Konsep generasi baru entrepreneurial marketing tersebut diharapkan dapat membantu mengatasi fenomena marketing blind spots seperti tidak terintegrasinya berbagai aspek seperti pemasaran dan keuangan, teknologi, kemanusiaan, kreativitas dan produktivitas dan lain sebagainya.

“Semua elemen krusial disatukan dalam Omnihouse Model dengan menempatkan aspek operasional sebagai pusatnya untuk memastikan apa yang menjadi tujuan pemasaran dapat dicapai sekaligus memastikan tuntutan hasil finansial juga tercapai. Sekaligus memastikan bahwa pengadopsian teknologi akan selalu berorientasi pada kemanusiaan,” ungkap Hermawan.

Omnihouse Model terdiri dari dua klaster, yakni klaster entrepreneurial yang terdiri dari elemen-elemen Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership (CI-EL) dan klaster professionalism yang terdiri dari elemen-elemen Productivity, Improvement, Professionalism, dan Management (PI-PM), dimana masing-masing klaster dalam model tersebut disimbolkan oleh tokoh-tokoh Punokawan dan Pandawa.

Representasi (CI-EL) terdapat dalam Punokawan dimana Bagong yang dikenal sebagai pribadi yang memiliki kreativitas tinggi dan mampu memberikan ide-ide baru ini merepresentasikan elemen Creativity. Petruk yang dikenal sebagai pribadi yang cepat tanggap dan memiliki kemampuan untuk berani berinovasi di berbagai situasi merepresentaikan elemen Innovation. Sementara tokoh Gareng yang dikenal sebagai pribadi yang dapat membuka kesempatan untuk masuk dalam dunia kewirausahaan merepresentasikan elemen Entrepreneurship. Sosok Semar yang merupakan ayah dari para Punokawan dikenal sebagai pribadi yang memiliki kebijaksanaan untuk memberikan nasihat sebagaimana sosok pemimpin bertindak dalam suatu kelompok dinilai merepresentasikan elemen Leadership.

Punokawan dalam dunia pewayangan dikenal selalu mengawal Pandawa, dimana Pandawa tersebut dalam buku ini dianggap menjadi representasi elemen PI-PM.

Nakula dan Sadewa dikenal sebagai dua pribadi dengan wawasan pengetahuan yang tinggi dinilai merepresentasikan elemen Productivity, sementara Arjuna yang dikenal sebagai pribadi yang konsisten dalam mengembangkan keterampilannya ini merepresentasikan Improvement. Figur kuat lainnya dalam Pandawa adalah Bima yang dikenal sebagai sosok dengan tekad besar untuk menyelesaikan tugas-tugasnya sekaligus memimpin kelompoknya saat bertarung merepresentasikan elemen Professionalism, sementara figur Yudhistira yang jujur, adil dan memiliki toleransi tinggi dinilai mewakili elemen Management karena Yudhistira dikenal juga sebagai pribadi yang selalu fokus ke depan dalam memberikan arahan dengan konsep manajemen agar tepat sasaran..

Konsep Punokawan dan Pandawa diadopsi sebagai simbol-simbol kapabilitas baru yang berakar dari budaya Indonesia merupakan yang pertama dalam buku berskala internasional yang dijelaskan secara cukup terinci pada bagian apendiks buku Entrepreneurial Marketing tersebut.

Dalam peluncuran bukunya tersebut, Hermawan Kartajaya menyatakan sangat bangga dapat membawa sejumlah karakter mitos Indonesia tersebut mendunia di era digital ini.

“Setelah 25 tahun menulis buku bersama Philip Kotler, saya dapat membawa konsep Punokawan yang merupakan simbol mitos asal Indonesia ke kancah internasional. Buku ini membawa pendekatan entrepreneurial marketing untuk menjawab kondisi dinamis dari tahun ke tahun dan menjadi pendorong terhadap spirit Indonesia untuk bangkit dan memperjuangkan semangat Asia dalam lanskap Global,” ujar Hermawan.

Diskusi terkait strategi dan teknik untuk menggerakkan departemen pemasaran dalam proses penciptaan nilai, juga dijelaskan dalam buku ini agar dapat membawa kesuksesan perusahaan hingga tahun 2030 dan bahkan sesudahnya.

Namun kondisi dunia yang sangat kompetitif mengharuskan berbagai perusahaan untuk mempertimbangkan untuk berkolaborasi dengan berbagai elemen dalam suatu ekosistem bisnis, bahkan dengan kompetitornya sekalipun.

Peluncuran buku Entrepreneurial Marketing juga akan diadakan dalam skala nasional di Tanah Air bersama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada tanggal 5 April 2023 mendatang. (Red)

Tags: ArjunaBagongBimaBuku Entrepreneurial MarketingCI-ELEntrepreneurial MarketingHermawan KartajayaHooi Den HuanIndikrafJacky MussryJenewaMalangMalang RayaManagementmanajemenMarketingMarkPlus CorpMCorpsNakulaNakula SadewaPandawaPeluncuran bukuPetrukPhilip KotlerPI-PMPunokawanSadewaSemarWIPOWorld Intellectual Property OrganizationYudhistira

Related Posts

Didampingi Gubernur Jatim, Menteri Ekonomi Kreatif Kagum Kunjungi KEK Singhasari

1 bulan ago
Big-Deal-Ramadan-Sale-Landscape

Hawai Waterpark Ikut Meriahkan Big Bang Festival 2025 di Surabaya dengan Promo Menarik

4 bulan ago

DPR RI Siap Sahkan RUU Minerba Menjadi UU Untuk UMKM Bisa Mengelola Tambang

Peruri Dorong UMKM Menuju Pasar Global Melalui INACRAFT 2025

Penghapusan Kredit Macet UMKM Mulai Diimplementasikan, Proses Berjalan Bertahap

Big Bang Festival 2024 Siap Digelar: Targetkan 1 Juta Pengunjung dan Transaksi Rp3 Triliun

Next Post
Helmy Yahya : Bisnis Pariwisata Di Malang Semakin Menarik dengan Hadirnya Malang Skyland

Helmy Yahya : Bisnis Pariwisata Di Malang Semakin Menarik dengan Hadirnya Malang Skyland

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULAR NEWS

Lapangan Rampal sudah Mulai Dibuka Untuk Umum

Lapangan Rampal sudah Mulai Dibuka Untuk Umum

29/08/2020
Danrem 083 Baladhika Jaya Pimpin Sertijab Dandim 0833 Kota Malang

Danrem 083 Baladhika Jaya Pimpin Sertijab Dandim 0833 Kota Malang

04/08/2020
Auto Draft

Tarif Rapid Test Antigen di Stasiun Turun Menjadi Rp.85 Ribu Mulai Besok

08/04/2021

14 PAKSY Akan Tampil Di Pelangi Bangsaku IX SMAK Kosayu Malang

27/10/2021
Saling Dukung Perekonomian Warga, Ini Yang Dilakukan Warga CKR Singosari

Saling Dukung Perekonomian Warga, Ini Yang Dilakukan Warga CKR Singosari

13/07/2020

EDITOR'S PICK

Menikmati Sate Rembiga dan Kopi /4 di Rooftop Cap Ombak Besar Kayutangan

28/04/2021
Dandim 0833 Beri Materi Bela Negara Kepada Mahasiswa UIN Maliki Malang

Dandim 0833 Beri Materi Bela Negara Kepada Mahasiswa UIN Maliki Malang

12/10/2020
Warga Kampung Tangguh RW 7 Mojolangu Diedukasi Pemulasaraan Jenasah Covid-19

Warga Kampung Tangguh RW 7 Mojolangu Diedukasi Pemulasaraan Jenasah Covid-19

11/06/2020
Koramil Blimbing Mendapat Giliran Dikunjungi Dandim 0833

Koramil Blimbing Mendapat Giliran Dikunjungi Dandim 0833

01/09/2020

Member of

Follow us

Kategori

  • Covid-19
  • Dunia
  • Ekbis
  • Entertainment
  • Gaya Hidup
  • Institusi
  • Kesehatan
  • Kuliner
  • Nasional
  • Pendidikan
  • Politik
  • Publik
  • Teknologi
  • Terbaru
  • Tidak Terkategori

Recent Posts

  • Didampingi Gubernur Jatim, Menteri Ekonomi Kreatif Kagum Kunjungi KEK Singhasari
  • Hawai Waterpark Ikut Meriahkan Big Bang Festival 2025 di Surabaya dengan Promo Menarik
  • DPR RI Siap Sahkan RUU Minerba Menjadi UU Untuk UMKM Bisa Mengelola Tambang
  • Peruri Dorong UMKM Menuju Pasar Global Melalui INACRAFT 2025

© 2022 - 2025 INDIKRAF - Indonesia Industri Kreatif News.

No Result
View All Result
  • Homepages
    • Home Page 1
    • Home Page 2

© 2022 - 2025 INDIKRAF - Indonesia Industri Kreatif News.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In