Hasil optimasi jaringan dan peningkatan kapasitas serta penerapan teknologi jaringan sebelum terjadi peningkatan traffic.
MalangSatu – Dengan melakukan optimasi jaringan dan peningkatan kapasitas serta penerapan teknologi jaringan yang dinamis membuat Smartfren mampu mengatasi lonjakan kenaikan traffic data sepanjang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.
Optimasi jaringan telah 100 persen diselesaikan oleh Smartfren sejak memasuki bulan suci Ramadan, sementara peningkatan kapasitas dilakukan seiring dengan meningkatnya traffic data. Langkah-langkah tersebut dilakukan untuk memastikan pelanggan Smartfren tetap dapat menikmati jaringan Smartfren yang 100 persen 4G untuk mendukung kegiatan online seperti streaming hingga silaturahmi menggunakan video call maupun media sosial.
Selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah diketahui terjadi lonjakan penggunaan traffic data secara year on year mencapai 36 persen dimana wilayah yang memberikan kontribusi terbesar dalam peningkatan akses layanan data ini adalah Jabodetabek dan Jawa Tengah.
Sementara untuk kapasitas dan coverage nasional Smartfren secara year on year telah berhasil ditingkatkan hingga rata-rata 14 persen sehingga dapat mengatasi peningkatan yang terjadi.
“Kenaikan traffic data kali ini sedikit lebih tinggi dibandingkan prediksi namun tetap dapat ditangani dengan baik dimana mayoritas kenaikan terjadi di wilayah pemukiman mengingat saat ini tengah diterapkan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan banyak kegiatan yang dilakukan secara online dari lokasi masing-masing seperti silaturahmi dengan kerabat menggunakan video call, akses media sosial hingga streaming video,” jelas VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat.
Sebagai antisipasi terhadap kenaikan traffic data tersebut, Smartfren sebelumnya juga telah menyiagakan Satgas Jaringan dan Network Operations Center (NOC) yang siaga selama 24 jam didukung call centre Smartfren.
“Jaringan telekomunikasi Smartfren telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi automatic switch over sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat. Teknologi ini juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam,” ungkap Agus Rohmat.
Berkat rangkaian antisipasi tersebut, Smartfren berhasil memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga sebesar 60 persen.
Berbeda dengan momen Idul Fitri sebelumnya, Idul Fitri kali ini Smartfren tidak mengerahkan mobile combat BTS sama sekali, karena minimnya mobilitas masyarakat di tengah berlakukan aturan PPKM.
Selain antisipasi dari sisi jaringan, Smartfren juga memberikan produk yang mendukung berbagai aktivitas pelanggan di bulan Ramadan yaitu melalui Extra Unlimited Malam Full Speed yang otomatis aktif setiap hari pada pukul 01.00 WIB hingga 05.00 WIB pada saat sahur.
Melengkapi manfaat tersebut, pelanggan Smartfren juga mendapatkan kesempatan mendapatkan hadiah langsung dengan mengikuti program Rejeki WOW Treasure Hunt yang masih berlangsung hingga 31 Mei 2021 dengan cara install aplikasi MySmartfren maka pelanggan akan mendapatkan kapal yang bisa digunakan berburu harta karun di dalam aplikasi.
Setiap kali bertransaksi seperti isi ulang pulsa, bayar tagihan Pascabayar atau membeli paket apapun, kapal akan melaju ke Pulau Harta Karun, anda langsung mendapatkan hadiah pasti berupa Bonus Pulsa dan kunci untuk membuka peti harta karun berisi ponsel keren, laptop, motor, tabungan ratusan juta rupiah hingga mobil. Semua pelanggan pasti menang dan banyak tersedia bonus harian. (Red)
Artikel ini telah dimuat di AdaDiMalang