Indikraf.id, Kota Malang – Dalam rangka mewujudkan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melakukan transformasi mutu layanan dengan membuat berbagai inovasi. Transformasi Mutu Layanan tersebut tidak hanya dilakukan di fasilitas kesehatan semata, tetapi juga dilaksanakan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang dengan menghadirkan fasilitas Anjungan Mandiri (AMAN).
“Dengan memanfaatkan Anjungan Mandiri (AMAN) ini maka diharapkan dapat terwujud kualitas layanan administrasi yang mudah dan cepat. Anjungan Mandiri ini ada di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan termasuk di Malang ini, ” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, dr Roni Kurnia Hadi Permana.
Dengan menggunakan Anjungan Mandiri tersebut maka setiap peserta BPJS Kesehatan yang datang ke Kantor Cabang Malang menurut Roni dapat mengetahui lima fitur pengecekan yakni status kepesertaan, tagihan iuran, virtual account, Info JKN dan mencari Lokasi Faskes yang dapat dipilih yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.
“Jika kebutuhan informasi peserta BPJS dapat diperoleh dari Anjungan Mandiri, maka tidak perlu lagi antre di layanan frontliner atau petugas layanan BPJS Kesehatan lagi,” ungkap Roni.
Keberadaan fasilitas Anjungan Mandiri (AMAN) di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang tersebutmulai dirasakan manfaatrnya oleh para peserta BPJS Kesehatan yang datang ke kantor Cabang Malang. Salah satunya adalah Ferry Sulistiawan, yang mengaku tidak perlu antri untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya.
“Saya datang ke kantor BPJS Kesehatan cabang malang dan diarahkan Satpam untuk menggunakan Anjungan Mandiri karena kebutuhan saya hanya untuk mengetahui status kepesertaan saya dan keluarga. Dengan menggunakan anjungan mandiri ternyata sangat cepat dan tidak perlu antri lagi,” ungkap Ferry puas.
dr Roni selaku Kepala BPJS Kesehatan cabang Malang lebih lanjut menjelaskan jika fitur dalam Anjungan Mandiri saat ini memang masih terbatas dan tidak menutup kemungkinan ke depan akan dapat ditambah dengan fitur layanan lainnya.
“Meski masih terbatas tapi saya yakin layanan Anjungan Mandiri ini sudah bisa membantu peserta JKN mendapatkan pelayananan administrasi kepesertaan yang paling umum dengan cepat dan mudah. Namun jika memerlukan pelayanan administrasi kepesertaaan lebih lanjut dapat melalui Aplikasi Mobile JKN maupun chat Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) ataupun CHIKA,” pungkas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, dr Roni Kurnia Hadi Permana. (Red)